Rabu, 19 Juni 2013

Pengertian Fungsi VLOOKUP dan Contohnya

Pengertian VLOOKUP 
VLOOKUP adalah fungsi pada Excel yang digunakan untuk melakukan pencarian nilai dari suatu table / range referensi. 
VLOOKUP sangat populer digunakan sejak versi awal sampai sekarang.  Sesuai namanya, VLOOKUP digunakan untuk mencari data pada baris demi baris (vertikal) pada tabel referensi. 
Untuk memperjelas cara kerja dari VLOOKUP, perhatikan gambar berikut ini :
Contoh Fungsi VLOOKUP pada Ms. Excel 
Gambar tersebut menggambarkan mekanisme pencarian VLOOKUP sebagai berikut :
  1. 1. suatu cell data dengan nilai "kode 3"  (lookup value) akan digunakan sebagai kunci pencarian ke table referensi (table_array) .
  2. 2. data pada kolom pertama pada table_array (kode 1, kode 2, kode 3, dan kode 4) berfungsi sebagai kunci referensi.
  3. 3. dari proses ini, kita akan ketemu data yang dicari pada posisi di baris ke 3 table referensi.
  4. 4. tetap pada baris ke 3 tersebut, kita akan mengambil nilai dari kolom yang kita inginkan (col_index_num). Misalkan kita mengambil kolom ke 2, maka kita akan mendapatkan nilai 4 sebagai datanya.
  5. 5. selesai.

  6. Syntax

VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)


Keterangan :

lookup_value  : nilai yang akan dicari ke table_array

table_array   : range nilai dimana terdapat nilai yang dicari

col_index_num : indeks kolom yang dicari

range_lookup  : berisi nilai 0 atau 1. Nilai 1 artinya jika tidak ada nilai yang cocok, maka akan dicari pendekatannya

Contoh 1 :

clip_image001
Langkah pengisian Nama Barang
1. Tempatkan penunjuk sel pada sel C6
2. Ketikkan rumusnya :
   =VLOOKUP(B6,$B$16:$C$18,2)
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir


Contoh 2 :
clip_image002
Langkah pengisian Harga Satuan
1. Tempatkan penunjuk sel pada sel D6
2. Ketikkan rumusnya :
    =VLOOKUP(B6,$B$16:$D$18,3)
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir

1 komentar: